BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Keterampilan
dasar dalam pembelajaran IPS merupakan pokok bahasan yang sangat penting untuk
dipahami terutama bagi calon guru di SD/MI, karena guru merupakan salah satu
sumber belajar yang utama dan tentu saja harus memiliki banyak informasi,
terutama informasi yang berhubungan dengan IPS yang akan ditransfer kepada
siswa-siswa di dalam kelas.
Kedudukan
guru mempunyai arti penting dalam pendidikan. Arti penting itu bertolak dari
tugas dan tanggung jawab guru yang cukup berat untuk mencerdasarkan anak
didiknya. Kerangka berpikir demikian menghendaki seorang guru untuk melengkapi
dirinya dengan berbagai keterampilan yang diharapkan dapat membantu dalam
menjalankan tugasnya dalam berinteraksi dengan peserta didik ketika proses
pembelajaran berlangsung, terutama dalam pembelajaran IPS MI.
Oleh
karena itu, pada makalah ini akan dibahas secara umum mengenai keterampilan
dasar pembelajaran IPS MI yang meliputi pengertian keterampilan dasar mengajar,
macam-macam keterampilan dasar mengajar IPS MI dan macam-macam keterampilan
mengajar dalam pembelajaran IPS MI.
B. Rumusan Masalah
1.
Apa yang dimaksud dengan
pembelajaran IPS MI?
2.
Apa tujuan adanya pembelajaran IPS
MI?
3.
Apa saja keterampilan dasar dala
pembelajaran IPS MI?
4.
Sebutkan beberapa keterampilan yang
ada dalam pembelajaran IPS MI?
C. Tujuan Penulisan
1.
Bagi penulis
a.
Dapat menambah wawasan.
b.
Mengetahui rincian dari beberapa
pembelajaran IPS MI
2.
Bagi pembaca
a.
Untuk mengetahui pembelajaran IPS MI
b.
Dapat digunakan sebagai bahan kajian
dan bahan referansi dalam pembuatan
makalah yang berkaitan dengan materi yang kami sajikan pada lain waktu maupun sebagai bahan
bacaan di waktu senggang.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Keterampilan
Dasar Mengajar.
Mengajar adalah perbuatan yang kompleks yang merupakan
pengintegrasian secara utuh berbagai komponen kemampuan. Komponen kemampuan
tersebut berupa pengetahuan, keterampilan, serta sikap dan nilai. Seorang guru
dituntut untuk dapat menguasai materi dan sistem penyampaian di dalam kelas,
selain itu guru juga harus berlatih menguasai keterampilan dasar mengajar.
Keterampilan dasar mengajar merupakan keterampilan yang kompleks,
yang pada dasarnya merupakan pengintegrasian untuh dari berbagai keterampilan
yang jumlahnya sangat banyak. Diantara keterampilan yang sangat benyak
tersebut, menurut hasil penelitian (Turney, 1987) terdapat 8 keterampilan dasar
mengajar yang dianggap sangat berperan dalam keberhasilan kegiatan
mengajar Kedelapan keterampilan
tersebut terdiri dari:
1.
Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran
2.
Keterampilan
bertanya
3.
Keterampilan
menjelaskan
4.
Keterampilan
mengelola kelas
5.
Keterampilan
mengadakan variasi
6.
Keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil
7.
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
8.
Keterampilan
memberi penguatan
B.
Keterampilan
Dasar Mengajar IPS MI
Beberapa keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai oleh guru
dalam pembelajaran IPS MI antara lain keterampilan membuka dan menutup pelajaran,
keterampilan bertanya, keterampilan menjelaskan, keterampilan mengelola kelas,
keterampilan mengadakan variasi, keterampilan membimbing diskusi kelompok kecil,
keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan, serta keterampilan memberi
penguatan.
1.
Keterampilan
membuka dan menutup pelajaran
Membuka dan menutup pelajaran merupakan dua kegiatan rutin yang
dilakukan guru disaat memulai dan mengakhiri pelajaran.
Membuka
pelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana
siap mental dan penuh dan penuh perhatian pada siswa. Sedangkan menutup
pelajaran merupakan kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan dari
inti pelajaran.[1]
2.
Keterampilan
bertanya
Keterampilan bertanya sangat perlu dikuasai oleh guru karena hampir
setiap kegiatan belajar mengajar guru mengajukan pertanyaan dan kualitas
pertanyaan guru menentukan kualitas jawaban murid.
3.
Keterampilan
menjelaskan
Dalam kegiatan belajar mengajar, atau pelatihan, menjelaskan
berarti mengorganisasikan materi pelajaran dalam tata urutan yang terencana
secara sistematis, sehingga dengan mudah dapat dipahami oleh siswa. Dari
definisi tersebut dapat dipahami bahwa keterampilan menjelaskan mutlak dimiliki
oleh guru.
4.
Keterampilan
mengelola kelas
Keterampilan mengelola kelas merupakan keterampilan dalam
menciptakan dan mempertahankan kondisi elas yang optimal supaya terjadinya
proses belajar mengajar yang serasi dan efektif.
5.
Keterampilan
mengadakan variasi
Meurut Wingkel (1986:139) keterampilan menggunakan variasi
diartikan sebagai perbuatan guru dalam proses belajar mengajar yang bertujuan
untuk mengatasi kebosanan siswa sehingga dalam proses belajarnya siswa
senantiasa menunjukkan ketekunan, keantusiasan, serta berperan secara aktif.[2]
6.
Keterampilan
membimbing diskusi kelompok kecil
Diskusi kelompok kecil merupakan salah satu bentuk kegiatan belajar
mengajar yang penggunaannya cukup sering diperlukan.
7.
Keterampilan
mengajar kelompok kecil dan perorangan
Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk
pembelajaran yang memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap
peserta didik dan menjalin hubungan yang akrab antara guru dengan peserta
didik.
Mengajar kelompok kecil dan peroranagn, terjadi dalam konteks
pengajaran klasikal. Penguasaan keterampilan mengajar kelompok kecil dan
perorangan memungkinkan guru dapat mengelola kegiatan ini dengan efektif dan
efisien.
8.
Keterampilan
memberi penguatan
Penguatan adalah respon terhadap suatu tingkah laku yang dapat
meningkatkan kemungkinan berulangnya kembali tingkah laku tersebut.
Seorang guru perlu menguasai keterampilan memberikan penguatan
karena penguatan merupakan dorongan bagi siswa untuk meningkatkan
penampilannya, serta dapat meningkatkan perhatian.
Keterampilan memberika penguatan bertujuan untuk meningkatkan
perhatian siswa, melancarkan atau memudahkan proses belajar, membangkitkan dan
mempertahankan motivasi, mengontrol atau mengubah sikap yang mengganggu ke arah
tingkah laku belajar yang produktif, mengembangkan dan mengatur diri sendiri dalam
belajar, mengarah pada cara berfikir yang baik dan inisiatif pribadi.
Pemberian penguatan menurut Wingkel (1986 : 236) :
a.
Perhatian
kepada guru, kawan, atau objek diskusi
b.
Tingkah
laku belajar, membaca, pekerjaan di papan tulis
c.
Penyelesaian
hasil pekerjaan (PR)
d.
Kualitas
pekerjaan atau tugas (kerapian, keindahan)
e.
Perbaikan
/ penyempurnaan tugas
f.
Tugas
– tugas mandiri
[1] Etin Solihatin,
Strategi Pembelajaran PPKN (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2013)
[2] Uno Hamzah,
Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran (Jakarta : PT. Bumi Aksara, 2006 )
If you're attempting to lose kilograms then you absolutely need to jump on this totally brand new custom keto diet.
BalasHapusTo create this keto diet, licenced nutritionists, personal trainers, and chefs joined together to provide keto meal plans that are powerful, convenient, money-efficient, and delightful.
Since their grand opening in 2019, 100's of people have already transformed their body and well-being with the benefits a smart keto diet can provide.
Speaking of benefits; in this link, you'll discover eight scientifically-confirmed ones provided by the keto diet.