RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Nama Sekolah : MI Nahdlotul Ulama
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester : VI /
II
A.Materi Pokok : Bencana Alam Yang Bersumber
Dari Perubahan Cuaca.
B. AlokasiWaktu : 15 menit
C. TujuanPembelajaran
Setelah mengikuti
pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
¨ Siswa dapat mengetahui beberapa bencana alam yang bersumber dari
perubahan cuaca.
¨ Siswa dapat menjelaskan penyebab dan tindakan untuk
mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
D. Kompetensi Dasar
1.1 Memahami penyebab bencana alam yang bersumber dari
perubahan cuaca.
E. Indikator Pencapaian Kompetensi
Ø Menguraikan penyebab
terjadinya bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
Ø Menyebutkan cara-cara
mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
F. Materi Pembelajaran
Bencana Alam Yang Bersumber Dari Perubahan
Cuaca
Bencana Alam dapat bersumber dari perubahan cuaca. Contoh bencana alam yang
bersumber dari perubahan cuaca adalah banjir, kebakaran hutan dan angin puting
beliung.
1.
Banjir
Banjir sering terjadi pada musim hujan. Curah
hujan yang tinggi menyebabkan sungai tidak lagi mampu menampung air. Selain itu
banjir disebabkan oleh penggundulan hutan. Apabila gundul, hutan tidak lagi
berfungsi menahan aliran air ari hujan yang turun. Akibatnya, aliran sungai
semakin deras. Sungai cepat penuh dan tidak sanggup lagi menampung air.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya banjir :
· Membuang sampah pada tempatnya.
· Membersihkan selokan dari sampah sehingga aliran air
menjadi lancar.
· Melakukan penghijauan di lahan kosong sebagai daerah
resapan air.
· Menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi).
2.
Kebakaran hutan
Kebakaran hutan dapat terjadi karena faktor
alam dan manusia. Faktor alam seperti pada musim kemarau ketika cuaca sangat
panas, perubahan iklim dan lapisan batu bara dalam tanah dapat memicu kebakaran
hutan. Akan tetapi, faktor manusia adalah penybab utama kebakaran hutan,
misalnya melalui pembukaan lahan pertanian dengan membakar hutan.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan :
· Menghentikan pembakaran hutan untuk lahan ladang.
· Segera mematikan api atau putung rokok saat berada di
hutan.
· Memastikan tidak ada bara api saat meninggalkan hutan.
3.
Angin puting
beliung
Angin puting beliung terjadi karena udara
panas dan dingin bertemu sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting
beliung.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya angin puting beliung :
· Mengurangi bahan-bahan yang mudah terbang dalam pembuatan
rumah.
· Menggalakkan penghijauan untuk mengurangi dan meredam
daya rusak angin.
G. MetodePembelajaran
1.
Tanya jawab
2.
Diskusi
3.
Demonstrasi
H.Media Pembelajaran
Ø Papan Tulis / White Board
Ø Kapur / Spidol
Ø Gambar
I.SumberBelajar
Ø
Buku IPS Kelas VI
Ø
Teman
J.Langkah-langkah Pembelajaran
No.
|
Kegiatan
|
Waktu
|
1.
|
Pendahuluan
1. Guru mengucapkan salam
2. Guru menanyakan kesehatan peserta didik
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
|
3 menit
|
2.
|
Kegiatan Inti
a. Mengamati
1.
Peserta didik
diminta untuk mengamati penjelasan yang dilakukan oleh guru mengenai bencana
alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
b. Menanya
1.
Memberi
peserta didik ertanyaan secara lisan mengenai penyebab terjadinya bencana
alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
2.
Memberi
kesempatan siswa untuk menjawab.
c. Mengexplorasi
1.
Mendiskusikan
penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan
cuaca.
· Peserta didik dibagi menjadi
beberapa kelompok.
· Setiap kelompok mendiskusikan tentang
penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan
cuaca.
· Setiap kelompok diminta untuk
menempelkan hasil diskusi.
d. Asosiasi
Dari hasil Diskusi kelompok
tentang penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari
perubahan cuaca, siswa diminta untuk menanggapi hasil diskusi dari kelompok
lain.
e. Komunikasi
1. Guru
dan peserta didik bersama – sama menyimpulkan materi bencana alam yang
bersumber dari perubahan cuaca.
|
10 menit
|
3.
|
Penutup
1. Menyampaikan rencana pembelajaran pada
pertemuan berikutnya.
|
2 menit
10
enit
|
K.Penilaian Hasil Pembelajaran
·
Jenis Penilaian :
Tes dan Non Tes.
·
Bentuk penilaian tes :
Soal Essay.
·
Bentuk Penilaian non tes :
Penilaian Sikap dan unjuk kerja.
Rubrik Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang diamati
|
Keterangan
|
|
1
|
2
|
|||
Aspek yang dinilai :
1.
Keaktifan
2.
Kerjasama
Skorpenilaian :
Nilai = Skor Perolehan x 100
Skor Maksimal
Kriteria Nilai :
A = 80
– 100 : Baik
Sekali
B = 70
– 79 : Baik
C = 60
– 69 : Cukup
D = ‹60 : Kurang
Lembar Tugas Siswa
(Kelompok)
Diskusikan
bersama teman kelompokmu mengenai :
1. Penyebab dan cara mengantisipasi
bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca :
·
Banjir
·
Kebakaran Hutan
·
Angin Puting Beliung
No.
|
Peristiwa Alam
|
Penyebab
|
Cara Mengantisipasi
|
1.
|
Banjir
|
||
2.
|
Kebakaran Hutan
|
||
3.
|
Angin Puting Beliung
|
Mengetahui,
Kepala MI Nahdlotul Ulama
(Qumruin Nurul Laila, M.
Pd. I)
NIP :
|
Surabaya, 25 Mei 2014
Guru Mata Pelajaran IPS
(Nur Richa Oktavianis)
NIM : D07212027
|
As stated by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos less than we do.
BalasHapus(By the way, it is not about genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to do with "how" they eat.)
P.S, I said "HOW", and not "what"...
CLICK on this link to reveal if this quick test can help you decipher your true weight loss potential