Senin, 21 Desember 2015

RPP IPS MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah                    :    MI Nahdlotul Ulama
Mata Pelajaran                   :    Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Kelas/Semester                   :    VI / II

A.Materi Pokok                  : Bencana Alam Yang Bersumber Dari Perubahan   Cuaca.

B. AlokasiWaktu                : 15 menit

C. TujuanPembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran diharapkan peserta didik mampu:
¨      Siswa dapat mengetahui beberapa bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
¨      Siswa dapat menjelaskan penyebab dan tindakan untuk mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.

D. Kompetensi Dasar

1.1 Memahami penyebab bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.

E. Indikator Pencapaian Kompetensi

Ø Menguraikan penyebab terjadinya bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
Ø Menyebutkan cara-cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.

F. Materi Pembelajaran

Bencana Alam Yang Bersumber Dari Perubahan Cuaca
Bencana Alam dapat bersumber dari perubahan cuaca. Contoh bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca adalah banjir, kebakaran hutan dan angin puting beliung.
1.      Banjir
Banjir sering terjadi pada musim hujan. Curah hujan yang tinggi menyebabkan sungai tidak lagi mampu menampung air. Selain itu banjir disebabkan oleh penggundulan hutan. Apabila gundul, hutan tidak lagi berfungsi menahan aliran air ari hujan yang turun. Akibatnya, aliran sungai semakin deras. Sungai cepat penuh dan tidak sanggup lagi menampung air.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya banjir :
·       Membuang sampah pada tempatnya.
·       Membersihkan selokan dari sampah sehingga aliran air menjadi lancar.
·       Melakukan penghijauan di lahan kosong sebagai daerah resapan air.
·       Menanam kembali hutan yang gundul (reboisasi).
2.      Kebakaran hutan
Kebakaran hutan dapat terjadi karena faktor alam dan manusia. Faktor alam seperti pada musim kemarau ketika cuaca sangat panas, perubahan iklim dan lapisan batu bara dalam tanah dapat memicu kebakaran hutan. Akan tetapi, faktor manusia adalah penybab utama kebakaran hutan, misalnya melalui pembukaan lahan pertanian dengan membakar hutan.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan :
·       Menghentikan pembakaran hutan untuk lahan ladang.
·       Segera mematikan api atau putung rokok saat berada di hutan.
·       Memastikan tidak ada bara api saat meninggalkan hutan.
3.      Angin puting beliung
Angin puting beliung terjadi karena udara panas dan dingin bertemu sehingga saling bentrok dan terbentuklah puting beliung.
Beberapa cara mengantisipasi terjadinya angin puting beliung :
·       Mengurangi bahan-bahan yang mudah terbang dalam pembuatan rumah.
·      Menggalakkan penghijauan untuk mengurangi dan meredam daya rusak angin.
       
G. MetodePembelajaran

1.    Tanya jawab
2.    Diskusi
3.    Demonstrasi

H.Media Pembelajaran

Ø Papan Tulis / White Board
Ø Kapur / Spidol
Ø Gambar

I.SumberBelajar

Ø Buku IPS Kelas VI
Ø Teman

J.Langkah-langkah Pembelajaran

No.
Kegiatan
Waktu
1.
Pendahuluan

1.      Guru mengucapkan salam
2.      Guru menanyakan kesehatan peserta didik
3.      Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.




3 menit
2.
Kegiatan Inti

a.    Mengamati
1.      Peserta didik diminta untuk mengamati penjelasan yang dilakukan oleh guru mengenai bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.

b.   Menanya
1.         Memberi peserta didik ertanyaan secara lisan mengenai penyebab terjadinya bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
2.         Memberi kesempatan siswa untuk menjawab.

c.    Mengexplorasi
1.        Mendiskusikan penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
·      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok.
·       Setiap kelompok mendiskusikan tentang penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.
·      Setiap kelompok diminta untuk menempelkan hasil diskusi.

d.   Asosiasi
Dari hasil Diskusi kelompok tentang penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca, siswa diminta untuk menanggapi hasil diskusi dari kelompok lain.

e.    Komunikasi
1.       Guru dan peserta didik bersama – sama menyimpulkan materi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca.













10 menit
3.
Penutup

1.      Menyampaikan rencana pembelajaran pada per­temuan berikutnya.


2 menit
10    enit

K.Penilaian Hasil Pembelajaran

·         Jenis Penilaian                         : Tes dan Non Tes.
·         Bentuk penilaian tes                : Soal Essay.
·         Bentuk Penilaian non tes        : Penilaian Sikap dan unjuk kerja.

Rubrik Penilaian Sikap dalam Mengikuti Diskusi

No.
Nama Siswa
Aspek yang diamati
Keterangan
1
2
















Aspek yang dinilai :

1. Keaktifan
2. Kerjasama

Skorpenilaian :
  Nilai =  Skor Perolehan x 100            
                                              Skor Maksimal        
                  
Kriteria Nilai :

A    =   80 – 100   :    Baik Sekali 
B     =   70 – 79     :    Baik
C     =   60 – 69     :    Cukup
D    =   ‹60           :    Kurang





Lembar Tugas Siswa (Kelompok)

Diskusikan bersama teman kelompokmu mengenai :

1.    Penyebab dan cara mengantisipasi bencana alam yang bersumber dari perubahan cuaca :
·         Banjir
·         Kebakaran Hutan
·         Angin Puting Beliung

No.
Peristiwa Alam
Penyebab
Cara Mengantisipasi
1.
Banjir


2.
Kebakaran Hutan


3.
Angin Puting Beliung








Mengetahui,

Kepala MI Nahdlotul Ulama




(Qumruin Nurul Laila, M. Pd. I)
 NIP :
Surabaya, 25 Mei 2014
 


Guru Mata Pelajaran IPS




(Nur Richa Oktavianis)
 NIM : D07212027



1 komentar:

  1. As stated by Stanford Medical, It's in fact the SINGLE reason this country's women get to live 10 years longer and weigh an average of 19 kilos less than we do.

    (By the way, it is not about genetics or some secret diet and really, EVERYTHING to do with "how" they eat.)

    P.S, I said "HOW", and not "what"...

    CLICK on this link to reveal if this quick test can help you decipher your true weight loss potential

    BalasHapus