RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Satuan Pendidikan : MI MAMBAUL ULUM
Mata Pelajaran : Sejarah Peradaban Islam
Kelas/ Semester : IV / Dua
Materi Pokok : Hijrah Nabi Muhammad SAW
ke Taif
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit
I.
Kompetensi Inti
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama
Islam
2.
Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru
dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya dan benda-benda yang di
jumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
II.
Kompetensi Dasar
2.3.1 Mengetahui sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah
ke Taif
III.
Indikator
3.3.1
Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Taif
3.3.2
Menyebutkan sebab – sebab Nabi Muhammad
SAW hijrah ke Taif
IV.
Tujuan Pembelajaran
Setelah Pembelajaran
menggunakan Saintifik, peserta didik dapat :
ü Siswa mampu menjelaskan
peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif dengan rinci
ü Siswa mampu menyebutkan 3
sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
V. Materi Ajar
Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Taif (Terlampir 1)
VI.
Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran :
Kooperatif
Metode :
Demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab
Strategi : Short Card
VII.Bahan / Media
Bahan : Buku paket SKI kelas
IV dan LKS kelas IV
Media : White board, Spidol, Lembar Kerja, Potongan Kertas dan Amplop
VIII.
Langkah – Langkah Pembelajaran
A.
Kegiatan Awal
§
Guru mengucapkan salam
§
Siswa dan gurumengawali pelajaran dengan berdo’a (
Al-Fatihah )
§
Guru menanyakan kesehatan siswa
§
Ice breaking
dengan permainan pengulangan kata
Ex: Ayam Ayam, Itik Itik, Ayam, Itik Itik, Ayam
§
Siswa di beritahukan materi yang akan dipelajari
§
Memotivasi
siswa dengan mengambil sampah yang ada di bawah
tempat duduknya
§
Menjelaskan tujuan dari materi yang akan dipelajari
§
Siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran
B.
Kegiatan Inti
B.1. Eksplorasi
ü Siswa menyimak penjelasan
guru mengenai perstiwa hijrah Nabi Muhammad saw. dan sebab – sebab hijrah Nabi
Muhammad saw. ke Taif
ü Untuk mengetahui pemahaman
siswa, guru memberikan pertanyaan mengenai peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw.dan
salah satu sebab hijrah Nabi Muhammad saw. ke Taif
B.2. Elaborasi
ü Siswa membaca buku paket
untuk lebih memahami materi tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad ke Taif
ü Siswa dibagi menjadi 3
kelompok dengan cara berhitung
ü Setiap kelompok mendapatkan
lembar kerja dan amplop yang isinya potongan kertas yang merupakan jawaban dari
lembar kerja tersebut
ü Siswa membaca perintah yang
telah tertera di lembar kerja untuk di diskusikan dengan kelompoknya
ü Siswa menyatukan potongan
kertas yang ada di dalam amplop sesuai dengan perintah yang telah tertera di
lembar kerja siswa :
Ø Kelompok 1 :
Menyatukan
Potongan Kertas Dalam Amplop Mengenai Pokok – Pokok Dari Hijrah Nabi Muhammad Saw.
Ke Taif
Ø Kelompok 2 :
Mencari
Potongan Kertas Dalam Amplop Yang Merupakan Sebab – Sebab Nabi Muhammad Saw.
Hijrah Ke Taif
Ø Kelompok 3 :
Mengelompokkan
beberapa hikmah yang diperoleh Nabi Muhammad saw. ketika hijrah ke Taif, dari
potongan kertas yang ada di dalam amplop
ü Setiap perwakilan kelompok
menyampaikan hasil diskusinya sedangkan
kelompok lain menyimak dan menanggapi jika ada ketidaksesuaian dengan pemahaman
yang telah mereka baca dan pahami dalam buku paketnya.
ü Siswa diberikan kesempatan
untuk bertanya kepada kelompok yang presentasi
ü Guru dan siswa membahas hasil
diskusi kelompok secara menyeluruh sekaligus guru memberikan penguatanterhadap
jawaban setiap kelompok.
B.3. Konfirmasi
ü Memberikan umpan balik positif
dan hadiah terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.
C.
Kegiatan Penutup
§
Guru dan siswa bersama – sama membuat
kesimpulan dari hasil pembelajaran
§
Guru memberikan
umpan balik seliput materi pembelajaran
§
Guru
menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas membaca materi
untuk pertemuan selanjutnya di rumah secara individu.
§ Guru
menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya,dan mengakhiri
pelajaran dengan mengucapkan salam.
IX.
Penilaian
Jenis
penilaian : Tes tulis
Bentuk
Penilaian : Pilihan Ganda dan uraian
(Kisi-kisi soal dan soal; Terlampir 2)
Penilaian (Rubrik instrumen penilaian; Terlampir 3)
Sidoarjo, 07 Oktober2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru Kelas 4
.................................. ..................................
NIP : NIP :
(Lampiran 1)
MATERI AJAR
HIJRAH NABI
MUHAMMAD SAW. KE TAIF
A.
Sebab
Rasulullah saw. Hijrah ke Taif
Pada bulan Syawal tahun ke-10 dari kenabian (tahun 619 M). Nabi
Muhammad saw. pergi ke Taih untuk
menyiarka agama Islam. Taif adalah sebuah tempat yang sejuk dan subur yang
terletak kira-kira 60 km disebelah selatan kota Mekkah. Ada beberapa hal yang
menyebabkan Nabi Muhammad saw. harus melaksanakan hijrah ke Taif.
Sebab-sebabnya sebagai berikut :
1.
Tekanan
Kaum Quraisy
Kekejaman kaum Quraisy menyebabkan penderitaan terhadap Nabi Muhammad
saw. dan para pengikutnya. Nabi Muhammad dan kaum muslimin sangat menderita
akibat pemboikotan dan pengucilan kaum muslimin serta seluruh keluarga Bani
Hasyim da Bani Muthalib di lembah Syi’ib selama kurang lebih 3 tahun.
Pemboikotan itu mengakibatkan kesengsaraan, kemiskinan, dan kelaparan bagi kaum
muslimin beserta keluarga Bani Hasyim dan Bani Muthalib. Oleh sebab itu rasanya
sangat suli bagi beliau untuk terus bertahan dan menyiarkan agama Islam di
Mekkah.
2.
Wafatnya
Abu Thalib
Setelah keluar dari lembah Syi’ib dan bebas dari pemboikotan, Abu
Thali jatuh sakit dan meninggal dunia. Abu Thalib wafat pada bulan Rajab tahun
ke-10 dari kenabian dalam usia 87 tahun. Rasulullah saw. sangat sedih atas
wafatnya Abu Thalib, paman yang telah mengasuh dan membimbing beliausejak usia
8 tahun. Abu Thalib selalu menjadi pelindung dan pembela rasulullah saw. ketika
beliau mendapat ancaman dan hinaan dari kaum kafir Quraisy.
3.
Ummul
Mukminin Khadijah
Kesedihan Nabi Muhammad saw. bertambah seketika istri yang sangat
dicintainya Ummul Mukminin Khodijah wafat. Kurang lebih 2 atau 3 bulan setelah
wafatnya abu Thalib. Tepatnya pada bulan Ramadlan tahun ke-10 dari kenabian,
dalam usia 65 tahun. Nabi Muhammad sangat terpukul dengan wafatnya Khodijah.
Khodijah bukan saja istri yang setia dan selalu bersama beliau dalam suka dan
duka. Tetapi ia juga selalu mejadi pendorong kekuatan Nabi Muhammad saw. dalam
menjalankan tugasnya sebagai Rasul Allah swt. Khadijah adalah orang pertama
yang mempercayai kenabian nabi Muhammad saw. sebelum orang lain mempercayai.
Bahkan ia rela menyerahkan seluruh hartanya untuk memperjuangkan agama Allah
swt. Tetapi itulah ketentuan Allah swt. Terhadap hambanya yang harus
diterima dengan sabar, tabah dan
tawakkal.
Wafatnya Abu Thalib dan Khadijah merupakan cobaan yang sangat berat
bagi nabi Muhammad saw. Beliau terlihat sangat sabar dan tabah dalam menerima
ketentuan Allah swt. Tetapi sebagai manusia beliaupun sangat bersedih. Oleh
sebab itu, tahun wafatnya Abu Thalib dan Ummul Mukminin Khadijah disebut “Amul
Huzni” yang artinya Tahun Duka cita atau Tahun Kesedihan.
B.
Peristiwa
Hijrah Rasulullah saw. Ke Taif
Nabi Muhammad saw. menuju ke Taif di
temani oleh Zaid Bin Haritsah. Setibanya di Taif, Nabi Muhammad saw. langsung
menemui para pemimpin dari Bani Saqif yaitu abdul Yalil, Hubaib, dan Mas’ud.
Kepada mereka beliau menceritakan ajaran agama Islam dan mengajak mereka untuk
menyembah Allah swt. dan meninggalkan berhala. Namun mereka menolaknya dengan
hinaan yang sangat menyakitkan.
Nabi Muhammad saw. tidak putus asa,
beliau bedakwah di Taif selama 10 hari. Namun tidak ada seorangpun penduduk
Taif yang menerima dakwahnya. Sebaliknnya mereka malah mengusir dan
mengejar-ngejar Nabi Muhammad saw. sambil melempari batu. Akibatnya Nabi
Muhammad saw. menderita luka-luka. Zaid bin Haritsah berusaha melindungi Beliau
walaupun ia sendiri terluka di kepalanya karena lemparan batu. Mereka terus
mengejar Nabi sehingga beliau terpaksa mencari perlindungan di sebuah kebun
anggur. Kebun itu millik Utbah dan Syaibah, keduanya adalah putra Rabi’ah.
Setelah penduduk Taif tidak
mengejar, Nabi Muhammad saw. ditemani Zaid Bin Haritsah beristirahat dan
berteduh di kebun anggur itu. Nabi membersihkan darah yang mengalir dari
lukanya. Pemilik kebun anggur itu melihat dan mengetahui ada dua orang asing
sedang beristirahat. Ia mmenyuruh tukang kebunnya seorang nasrani bernama Addas
untuk membawakan setangkai anggur kepada Nabi Muhammad saw.
Ketika Nabi Mmuhammad saw. menerima
anggur tersebut, beliau mengucapkan “Alhamdulillah” dan mengucapkan
“Bismillahirrahmaanirrahim” sebelum beliau memakannya. Mendengar ucapan itu,
Addas merasa heran karena penduduk aif belum pernah ada yang mengucapkan
kata-kata itu. Addas pun berkata “ Tuan bukan penduduk Taif. Kata-kata tuan
tadi tidak pernah diucapkan oleh penduduk sini”.
Nabi Muhammad saw. yakin bahwa Addas
bukan penduduk aslli Taif, maka beliau menanyakan negeri asal dan agam Addas.
Addas pun menjelaskan, “Saya seorang nasrani, berasal dari daerah Niwana” Nabi
bertanya, “Apakah kamu dari negeri seorang saleh bernama Nabi Yunus?” Addas
merasa heran, kemudian ia bertanya lagi “Bagaimana tuan bisa mengenal Nabi
Yunus?” Maka Nabi menjelaskan, “Yunus adalah saudaraq, Ia seorang nabi dan
akkupun seorang Nabi”.
Kemudian Nabi Muhammad saw. membaca
ayat Al-Qur’an yang berisi kisah Nabi Yunus as. Addas sangat terharu mendengar
ayat-ayat yang dibaca Nabi Muhammad saw. karena isinya sama dengan apa yang
elah dipelajari dari kitab-kkitab terdahulu. Addas pun yakin bahwa orang yang
ada di hadapannya itu adalah utusan Allah swt. tanpa ragu-ragu addas berlutut
di hadapan Nabi Muhammad saw. dan megakui kanabiannya.
Nabi Muhammad saw. dan Zaid Bin
Haritsah keluar dari persembunyiannya setelah dirasa aman dari kejaran
orang-orang Taif. Mereka pulang menuju Mekkah dengan hati yang sangat sedih.
Meskipun dakwah Nabi di Taif telah gagal, namun dengan ikhlas Nabi Muhammad saw.
mendoakan penduduk Taif agar kelak mereka dan keturunannya sadar dan mengikuti ajaran agama Islam. Begitulah
kesabaran Nabi dalam mendakwahkan agama Islam.
Hijrah Nabi ke Taif tidak membawa hasil yang menggembirakan. Tidak
ada satu pun penduduk Taif yang masuk Islam. Perlakuan kejam berupa pengusiran
dan pelemparan batu oleh masyarakat Taif harus di alamai oleh Nabi Muhammad
saw. dan Zaid Bin Haritsah. Namun keadaan ini tidak menyurutkan semangat nabi
Muhammad saw. untuk terus menyiarkan Islam.[1]
Meskipun Nabi Muhammad saw. tidak mendapatkan hasil apapun dalm
pelaksanaan dakwahnya di wilayah Taif, namun dibalik semua itu terdapat hikmah
yang sangat besar dan bermanfaat. Baik bagi Nabi Muhammad saw. sendiri maupun
bagi kaum muslimin. Hikmah tersebut antara lain :
1.
Untuk
menguji kesabaran Rasulullah saw.
2.
Rasulullah
saw. menunjukkan sifat besar hati kepada kaum yang telah memperlakukannya
dengan buruk
3.
Rasulullah
saw. mendapat ketenangan hati setelah mendapat pertolongan dari Allah swt.
sehingga dapat kembali ke Mekkah mekipun dakwahnya di Taif gagal.1
(Lampiran 2)
KISI-KISI SOAL
Mata Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Indikator
|
Bentuk Soal
|
Nomor Soal
|
Jumlah Soal
|
Nilai
|
Sejarah Kebudayaan
Islam
|
Mengetahui
sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
|
Hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Taif
|
Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW ke Taif
Menyebutkan sebab – sebab Nabi
Muhammad SAW hijrah ke Taif
.
|
Pilihan Ganda
Uraian
|
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10
1, 2, 3
|
10
3
|
Setiap soal bernilai
5
Soal no:
1 = 20
2 = 10
3 = 20
|
LEMBAR EVALUASI SISWA
Nama :
No. Absen :
I. Pilihlahjawaban yang tepat!
1.
Nabi Muhammad berangkat ke Taif ditemani oleh . . .
a.
Zaid Bin Sabit c.
Abu Bakar As-Siddiq
b.
Zaid Bin Haritsah d.
Usman Bin Affan
2.
Nabi Muhammad membalas perlakuan penduduk Taif dengan cara . . .
a. Marah- Marah c. Mendoakan penduduk Taif
b. Dendam d.
Mengutuk
3.
Nabi Muhammad berdakwah di Taif selama . . .
a. 10 Hari c.
3 Tahun
b. 3 Hari d.
10 Bulan
4.
Tahun ke 10 kenabian Nabi Muhammad hijrah ke . . .
a. Habasyah c.
Taif
b. Madinah d.
Palestina
5.
Tahun yang diliputi kesedihan dalam kehidupan Nabi Muhammad disebut. . .
a. Amul Fudul c. Amul Fiil
b. Amul Islam d. Amul Huzni
6.
Setelah dari Taif Nabi Muhammad SAW kembali ke Makkah dan mendapat perlindungan
dari . . .
a. Abu Talib
b. Umar Bin Khattab
c.
Al – Mut’im Bin Ady
d.
Muawwiyah Bin Abi Sufyan
7.
Ketidak berhasilan Nabi Muhammad dakwah ke Taif tidak menjadikan sebab . . .
a. Patah semangat c. Berdakwah
b.
Lebih semangat d.
Senang dan bahagia
8.
Sebesar apapun kesalahan orang kafir, Nabi Muhammad SAW tetap bersikap. . .
a.
Benci c.
Dendam
b.
Pemaaf d.
Biasa saja
9. Tekanan kaum kafir semakin meningkat setelah
ditinggal...
a. Abu Talib c.
Abu Lahab
b. Abu Jahal d.
Abu Hurairah
10.
Tujuan Nabi Muhammad Hijrah ke Taif yaitu. . .
a. Mengindari tugas kenabian
b.
Berdakwah dan berdagang
c.
Memperluas ajaran Islam
d.
Mencari perlindungan
II. Jawablah pertanyaan
berikut dengan singkat dan jelas !
1.
Sebutkan tujuan Nabi
Muhammad bedakwah ke Taif !
2.
Apa arti dari
Amul Huzni ?
3.
Sebutkan sebab –
sebab Nabi Muhammad hijrah ke Taif !
KUNCI JAWABAN
I.
Pilihan Ganda
1.
B
2.
C
3.
A
4.
C
5.
D
6.
C
7.
A
8.
B
9.
A
10.
C
II.
Uraian
1.
Tujuan Nabi
Muhammad hijrah ke Taif :
· Memperluas
ajaran Islam
· Menghilangkan
kesedihan setelah meninggalnya Abu Talib dan Khadijah
· Menemukan
tempatyang lebih aman untuk dijadikan pusat dakwah Islam
2.
Amul Huzni yaitu
tahun duka cita atau tahun kesedihan
(Lampiran 3)
Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Aspek
|
|
Jumlah
|
Nilai
|
||
Kerjasama
|
Keaktifan
|
Menghargai pendapat teman
|
Jumlah
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor:
1 =
Kurang
2 =
Cukup
3 =
Baik
4 =
Sangat Baik
Skor maksimal=16
Skor perolehan
Nilai = X
100
Skor Maksimal
Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi (Menjelaskan
hijrah Nabi Muhammad ke Taif)
No.
|
Nama
Peserta Didik
|
A s p
e k
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
|
||||
Komunikasi
|
Sistematika
penyampaian
|
Penguasaan
pengetahuan / Materi
|
Keberanian
|
Antusias
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Skor :
Komunikasi: Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi 1 =
Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi sulit
dimengerti 2 =
Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang jelas
dimengerti 3 = Sistematis, uraian
cukup
4 = Komunikasi sangat lancar, benar dan jelas 4 = Sistematis, uraian luas,
jelas
Wawasan: Keberanian:
1 =
Tidak menunjukkan pengetahuan/ materi 1
= Tidak ada keberanian
2 =
Sedikit memiliki
pengetahuan/materi 2
= Kurang berani
3 =
Memiliki pengetahuan/materi
tetapi kurang luas 3 =
Berani
4 =
Memeiliki pengetahuan/materi yang
luas 4 = Sangat
berani
Antusias:
1 = Tidak antusias 3 = Antusias tetapi kurang kontrol
2 = Kurang antusias 4 = Antusias dan terkontrol
Skor maksimal=20
Skor
perolehan
Nilai = X 100
Skor
Maksimal
FORMAT MEDIA
Nama Media :
Amplop Berita
Nama Sekolah : MI MAMBAUL
ULUM
Mata Pelajaran : Sejarah
Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Waktu :
2 x 35 Menit
Kompetensi Inti :
1.
Menerima, menjalankan dan menghargai
ajaran agama Islam
2.
Menunjukkanperilaku jujur, disiplin,
tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan
keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.
Memahami pengetahuan faktual dengan
cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di jumpainya di rumah, di sekolah dan tempat
bermain
4.
Menyajikan pengetahuan faktual dalam
bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan
yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
Kompetensi Dasar :
2.3.1
Mengetahui sebab – sebab Nabi
Muhammad SAW hijrah ke Taif
Indikator :
3.3.1
Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi
Muhammad SAW hijrah ke Taif
3.3.2
Menyebutkan sebab – sebab Nabi
Muhammad SAW hijrah ke Taif
Tujuan :
Media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dan lebih berfikir
kreatif dan aktif pada setiap pembelajaran
Biaya : Swadaya
Alat dan Bahan : Kertas,
Gunting, Solasi Double Tip dan
Amplop
Cara Pembuatan :
Siapkan alat dan bahan, potong – potong kertas yang sudah ada
informasi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif, berikan solasi double tip
pada potongan kertas. Kemudian masukkan potongan kertas ke dalam amplop.
Cara Penerapan Permainan :
Siswa membentuk kelompok, kemudian diberikan amplop berita dan
menyesuaikan informasi hijrah Nabi Muhammad SAW sesuai dengan intruksi masing –
masing kelompok.
Sidoarjo, 15 Oktober 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran
(
) ( )
NIP : NIP
:
[1] M. As’ad Bashori, Sejarah
Kebudayaan Islam Untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sederajat Kelas 4, Anugerah
Media Aksara, Sidoarjo, 2009, hal. 41-51
Tidak ada komentar:
Posting Komentar