Senin, 21 Desember 2015

RPP SKI MI



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )

Satuan Pendidikan       : MI MAMBAUL ULUM
Mata Pelajaran             : Sejarah Peradaban Islam
Kelas/ Semester            : IV / Dua
Materi Pokok                : Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif
Alokasi Waktu              : 2 x 35 menit

I.       Kompetensi Inti
1.      Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama Islam
2.      Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.      Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di  jumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.      Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia
                                      
II.    Kompetensi Dasar
2.3.1 Mengetahui sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif

III.   Indikator
3.3.1        Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif
3.3.2        Menyebutkan sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
IV.   Tujuan Pembelajaran
Setelah Pembelajaran menggunakan Saintifik, peserta didik dapat :
ü Siswa mampu menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif dengan rinci
ü Siswa mampu menyebutkan 3 sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif


V.  Materi Ajar
Hijrah Nabi Muhammad SAW. ke Taif (Terlampir 1)

VI.   Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran      : Kooperatif
Metode                          : Demonstrasi, diskusi, dan tanya jawab
Strategi                          : Short Card

VII.Bahan / Media
Bahan    : Buku paket SKI kelas IV dan LKS kelas IV
Media    : White board, Spidol, Lembar Kerja, Potongan Kertas dan Amplop

VIII.  Langkah – Langkah Pembelajaran
A.           Kegiatan Awal
§   Guru mengucapkan salam
§   Siswa dan gurumengawali pelajaran dengan berdo’a ( Al-Fatihah )
§   Guru menanyakan kesehatan siswa
§   Ice breaking dengan permainan pengulangan kata
Ex: Ayam Ayam, Itik Itik, Ayam, Itik Itik, Ayam
      Ada barapa jumlah ayam?.....
§   Siswa di beritahukan materi yang akan dipelajari
§   Memotivasi siswa dengan mengambil sampah yang ada di bawah tempat duduknya
§   Menjelaskan tujuan dari materi yang akan dipelajari
§   Siswa berpartisipasi aktif dalam pembelajaran

B.           Kegiatan Inti
                        B.1. Eksplorasi
ü  Siswa menyimak penjelasan guru mengenai perstiwa hijrah Nabi Muhammad saw. dan sebab – sebab hijrah Nabi Muhammad saw. ke Taif
ü  Untuk mengetahui pemahaman siswa, guru memberikan pertanyaan mengenai peristiwa hijrah Nabi Muhammad saw.dan salah satu sebab hijrah Nabi Muhammad saw. ke Taif
B.2. Elaborasi
ü  Siswa membaca buku paket untuk lebih memahami materi tentang peristiwa hijrah Nabi Muhammad ke Taif
ü  Siswa dibagi menjadi 3 kelompok dengan cara berhitung
ü  Setiap kelompok mendapatkan lembar kerja dan amplop yang isinya potongan kertas yang merupakan jawaban dari lembar kerja tersebut
ü  Siswa membaca perintah yang telah tertera di lembar kerja untuk di diskusikan dengan kelompoknya
ü  Siswa menyatukan potongan kertas yang ada di dalam amplop sesuai dengan perintah yang telah tertera di lembar kerja siswa :
Ø Kelompok 1 :
Menyatukan Potongan Kertas Dalam Amplop Mengenai Pokok – Pokok Dari Hijrah Nabi Muhammad Saw. Ke Taif
Ø Kelompok 2 :
Mencari Potongan Kertas Dalam Amplop Yang Merupakan Sebab – Sebab Nabi Muhammad Saw. Hijrah Ke Taif
Ø Kelompok 3 :
Mengelompokkan beberapa hikmah yang diperoleh Nabi Muhammad saw. ketika hijrah ke Taif, dari potongan kertas yang ada di dalam amplop
ü  Setiap perwakilan kelompok menyampaikan  hasil diskusinya sedangkan kelompok lain menyimak dan menanggapi jika ada ketidaksesuaian dengan pemahaman yang telah mereka baca dan pahami dalam buku paketnya.
ü  Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada kelompok yang presentasi
ü  Guru dan siswa membahas hasil diskusi kelompok secara menyeluruh sekaligus guru memberikan penguatanterhadap jawaban setiap kelompok.

B.3. Konfirmasi
ü  Memberikan umpan balik positif dan hadiah terhadap keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran.                     
C.           Kegiatan Penutup
§  Guru dan siswa bersama – sama membuat kesimpulan dari hasil pembelajaran
§  Guru memberikan umpan balik seliput materi pembelajaran
§  Guru menyampaikan kegiatan tindak lanjut dengan memberikan tugas membaca materi untuk pertemuan selanjutnya di rumah secara individu.
§  Guru menyampaikan rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya,dan mengakhiri pelajaran dengan mengucapkan salam.
IX.        Penilaian
Jenis penilaian      : Tes tulis
Bentuk Penilaian  : Pilihan Ganda dan uraian (Kisi-kisi soal dan soal; Terlampir 2)     
                               Penilaian (Rubrik instrumen penilaian; Terlampir 3)

                                                                                                            Sidoarjo, 07 Oktober2014
Mengetahui                                                                             
  Kepala Sekolah                                                                                   Guru Kelas 4



  ..................................                                                                            ..................................
  NIP :                                                                                                     NIP :








(Lampiran 1)
MATERI AJAR
HIJRAH NABI MUHAMMAD SAW. KE TAIF

A.    Sebab Rasulullah saw. Hijrah ke Taif
Pada bulan Syawal tahun ke-10 dari kenabian (tahun 619 M). Nabi Muhammad saw.   pergi ke Taih untuk menyiarka agama Islam. Taif adalah sebuah tempat yang sejuk dan subur yang terletak kira-kira 60 km disebelah selatan kota Mekkah. Ada beberapa hal yang menyebabkan Nabi Muhammad saw. harus melaksanakan hijrah ke Taif. Sebab-sebabnya sebagai berikut :
1.    Tekanan Kaum Quraisy
Kekejaman kaum Quraisy menyebabkan penderitaan terhadap Nabi Muhammad saw. dan para pengikutnya. Nabi Muhammad dan kaum muslimin sangat menderita akibat pemboikotan dan pengucilan kaum muslimin serta seluruh keluarga Bani Hasyim da Bani Muthalib di lembah Syi’ib selama kurang lebih 3 tahun. Pemboikotan itu mengakibatkan kesengsaraan, kemiskinan, dan kelaparan bagi kaum muslimin beserta keluarga Bani Hasyim dan Bani Muthalib. Oleh sebab itu rasanya sangat suli bagi beliau untuk terus bertahan dan menyiarkan agama Islam di Mekkah.   
2.    Wafatnya Abu Thalib
Setelah keluar dari lembah Syi’ib dan bebas dari pemboikotan, Abu Thali jatuh sakit dan meninggal dunia. Abu Thalib wafat pada bulan Rajab tahun ke-10 dari kenabian dalam usia 87 tahun. Rasulullah saw. sangat sedih atas wafatnya Abu Thalib, paman yang telah mengasuh dan membimbing beliausejak usia 8 tahun. Abu Thalib selalu menjadi pelindung dan pembela rasulullah saw. ketika beliau mendapat ancaman dan hinaan dari kaum kafir Quraisy.
3.    Ummul Mukminin Khadijah
Kesedihan Nabi Muhammad saw. bertambah seketika istri yang sangat dicintainya Ummul Mukminin Khodijah wafat. Kurang lebih 2 atau 3 bulan setelah wafatnya abu Thalib. Tepatnya pada bulan Ramadlan tahun ke-10 dari kenabian, dalam usia 65 tahun. Nabi Muhammad sangat terpukul dengan wafatnya Khodijah. Khodijah bukan saja istri yang setia dan selalu bersama beliau dalam suka dan duka. Tetapi ia juga selalu mejadi pendorong kekuatan Nabi Muhammad saw. dalam menjalankan tugasnya sebagai Rasul Allah swt. Khadijah adalah orang pertama yang mempercayai kenabian nabi Muhammad saw. sebelum orang lain mempercayai. Bahkan ia rela menyerahkan seluruh hartanya untuk memperjuangkan agama Allah swt. Tetapi itulah ketentuan Allah swt. Terhadap hambanya yang harus diterima  dengan sabar, tabah dan tawakkal.
Wafatnya Abu Thalib dan Khadijah merupakan cobaan yang sangat berat bagi nabi Muhammad saw. Beliau terlihat sangat sabar dan tabah dalam menerima ketentuan Allah swt. Tetapi sebagai manusia beliaupun sangat bersedih. Oleh sebab itu, tahun wafatnya Abu Thalib dan Ummul Mukminin Khadijah disebut “Amul Huzni” yang artinya Tahun Duka cita atau Tahun Kesedihan.

B.     Peristiwa Hijrah Rasulullah saw. Ke Taif
Nabi Muhammad saw. menuju ke Taif di temani oleh Zaid Bin Haritsah. Setibanya di Taif, Nabi Muhammad saw. langsung menemui para pemimpin dari Bani Saqif yaitu abdul Yalil, Hubaib, dan Mas’ud. Kepada mereka beliau menceritakan ajaran agama Islam dan mengajak mereka untuk menyembah Allah swt. dan meninggalkan berhala. Namun mereka menolaknya dengan hinaan yang sangat menyakitkan. 
Nabi Muhammad saw. tidak putus asa, beliau bedakwah di Taif selama 10 hari. Namun tidak ada seorangpun penduduk Taif yang menerima dakwahnya. Sebaliknnya mereka malah mengusir dan mengejar-ngejar Nabi Muhammad saw. sambil melempari batu. Akibatnya Nabi Muhammad saw. menderita luka-luka. Zaid bin Haritsah berusaha melindungi Beliau walaupun ia sendiri terluka di kepalanya karena lemparan batu. Mereka terus mengejar Nabi sehingga beliau terpaksa mencari perlindungan di sebuah kebun anggur. Kebun itu millik Utbah dan Syaibah, keduanya adalah putra Rabi’ah.
Setelah penduduk Taif tidak mengejar, Nabi Muhammad saw. ditemani Zaid Bin Haritsah beristirahat dan berteduh di kebun anggur itu. Nabi membersihkan darah yang mengalir dari lukanya. Pemilik kebun anggur itu melihat dan mengetahui ada dua orang asing sedang beristirahat. Ia mmenyuruh tukang kebunnya seorang nasrani bernama Addas untuk membawakan setangkai anggur kepada Nabi Muhammad saw.
Ketika Nabi Mmuhammad saw. menerima anggur tersebut, beliau mengucapkan “Alhamdulillah” dan mengucapkan “Bismillahirrahmaanirrahim” sebelum beliau memakannya. Mendengar ucapan itu, Addas merasa heran karena penduduk aif belum pernah ada yang mengucapkan kata-kata itu. Addas pun berkata “ Tuan bukan penduduk Taif. Kata-kata tuan tadi tidak pernah diucapkan oleh penduduk sini”.
Nabi Muhammad saw. yakin bahwa Addas bukan penduduk aslli Taif, maka beliau menanyakan negeri asal dan agam Addas. Addas pun menjelaskan, “Saya seorang nasrani, berasal dari daerah Niwana” Nabi bertanya, “Apakah kamu dari negeri seorang saleh bernama Nabi Yunus?” Addas merasa heran, kemudian ia bertanya lagi “Bagaimana tuan bisa mengenal Nabi Yunus?” Maka Nabi menjelaskan, “Yunus adalah saudaraq, Ia seorang nabi dan akkupun seorang Nabi”.
Kemudian Nabi Muhammad saw. membaca ayat Al-Qur’an yang berisi kisah Nabi Yunus as. Addas sangat terharu mendengar ayat-ayat yang dibaca Nabi Muhammad saw. karena isinya sama dengan apa yang elah dipelajari dari kitab-kkitab terdahulu. Addas pun yakin bahwa orang yang ada di hadapannya itu adalah utusan Allah swt. tanpa ragu-ragu addas berlutut di hadapan Nabi Muhammad saw. dan megakui kanabiannya.
Nabi Muhammad saw. dan Zaid Bin Haritsah keluar dari persembunyiannya setelah dirasa aman dari kejaran orang-orang Taif. Mereka pulang menuju Mekkah dengan hati yang sangat sedih. Meskipun dakwah Nabi di Taif telah gagal, namun dengan ikhlas Nabi Muhammad saw. mendoakan penduduk Taif agar kelak mereka dan keturunannya  sadar dan mengikuti ajaran agama Islam. Begitulah kesabaran Nabi dalam mendakwahkan agama Islam.            
Hijrah Nabi ke Taif tidak membawa hasil yang menggembirakan. Tidak ada satu pun penduduk Taif yang masuk Islam. Perlakuan kejam berupa pengusiran dan pelemparan batu oleh masyarakat Taif harus di alamai oleh Nabi Muhammad saw. dan Zaid Bin Haritsah. Namun keadaan ini tidak menyurutkan semangat nabi Muhammad saw. untuk terus menyiarkan Islam.[1]
Meskipun Nabi Muhammad saw. tidak mendapatkan hasil apapun dalm pelaksanaan dakwahnya di wilayah Taif, namun dibalik semua itu terdapat hikmah yang sangat besar dan bermanfaat. Baik bagi Nabi Muhammad saw. sendiri maupun bagi kaum muslimin. Hikmah tersebut antara lain :
1.      Untuk menguji kesabaran Rasulullah saw.
2.      Rasulullah saw. menunjukkan sifat besar hati kepada kaum yang telah memperlakukannya dengan buruk
3.      Rasulullah saw. mendapat ketenangan hati setelah mendapat pertolongan dari Allah swt. sehingga dapat kembali ke Mekkah mekipun dakwahnya di Taif gagal.1



(Lampiran 2)
KISI-KISI SOAL

Mata Pelajaran
Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Indikator
Bentuk Soal
Nomor Soal
Jumlah Soal
Nilai
Sejarah Kebudayaan Islam
Mengetahui sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
Hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif
Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif




Menyebutkan sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
.
Pilihan Ganda









Uraian
1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10




1, 2, 3
10







3
Setiap soal bernilai 5




Soal no:
1 = 20
2 = 10
3 = 20















LEMBAR EVALUASI SISWA

Nama               :
No. Absen       :

I. Pilihlahjawaban yang tepat!
1. Nabi Muhammad berangkat ke Taif ditemani oleh . . .
a. Zaid Bin Sabit                       c. Abu Bakar As-Siddiq
b. Zaid Bin Haritsah                  d. Usman Bin Affan
2. Nabi Muhammad membalas perlakuan penduduk Taif dengan cara  . . .
     a. Marah- Marah                        c. Mendoakan penduduk Taif
     b. Dendam                                 d. Mengutuk
3. Nabi Muhammad berdakwah di Taif selama . . .
     a. 10 Hari                                   c. 3 Tahun
     b. 3 Hari                                     d. 10 Bulan
4. Tahun ke 10 kenabian Nabi Muhammad hijrah ke . . .
     a. Habasyah                               c. Taif
     b. Madinah                                d. Palestina
5. Tahun yang diliputi kesedihan dalam kehidupan Nabi Muhammad  disebut. . .
     a. Amul Fudul                           c. Amul Fiil
     b. Amul Islam                            d. Amul Huzni
6. Setelah dari Taif Nabi Muhammad SAW kembali ke Makkah dan mendapat perlindungan dari . . .
     a. Abu Talib
     b. Umar Bin Khattab
c. Al – Mut’im Bin Ady
d. Muawwiyah Bin Abi Sufyan
7. Ketidak berhasilan Nabi Muhammad dakwah ke Taif tidak menjadikan sebab . . .
     a. Patah semangat                      c. Berdakwah
b. Lebih semangat                     d. Senang dan bahagia
8. Sebesar apapun kesalahan orang kafir, Nabi Muhammad SAW tetap bersikap. . .
a. Benci                                      c. Dendam
b. Pemaaf                                   d. Biasa saja
9.  Tekanan kaum kafir semakin meningkat setelah ditinggal...
       a. Abu Talib                            c. Abu Lahab
       b. Abu Jahal                            d. Abu Hurairah         
10. Tujuan Nabi Muhammad Hijrah ke Taif yaitu. . .
       a. Mengindari tugas kenabian
b. Berdakwah dan berdagang
c. Memperluas ajaran Islam
d. Mencari perlindungan

II. Jawablah pertanyaan berikut dengan singkat dan jelas !
1.    Sebutkan tujuan Nabi Muhammad bedakwah ke Taif !
2.    Apa arti dari Amul Huzni ?
3.    Sebutkan sebab – sebab Nabi Muhammad hijrah ke Taif !

KUNCI JAWABAN
I.     Pilihan Ganda
1.    B
2.    C
3.    A
4.    C
5.    D
6.    C
7.    A
8.    B
9.    A
10.     C

II.  Uraian
1.    Tujuan Nabi Muhammad hijrah ke Taif :
·      Memperluas ajaran Islam
·      Menghilangkan kesedihan setelah meninggalnya Abu Talib dan Khadijah
·      Menemukan tempatyang lebih aman untuk dijadikan pusat dakwah Islam
2.    Amul Huzni yaitu tahun duka cita atau tahun kesedihan


(Lampiran 3)
Kinerja dalam Menyelesaikan Tugas Kelompok

No.
Nama Peserta Didik
Aspek

Jumlah
Nilai
Kerjasama
Keaktifan
Menghargai pendapat teman
Jumlah









































Keterangan Skor:
1 = Kurang
2 = Cukup
3 = Baik
4 = Sangat Baik
       
Skor maksimal=16

                    Skor perolehan
Nilai     =                                             X  100
                    Skor Maksimal











Penilaian Kinerja dalam menyelesaikan tugas Presentasi (Menjelaskan hijrah Nabi Muhammad ke Taif)
No.
Nama Peserta Didik
A s p e k
Jumlah
Skor
Nilai
Komunikasi
Sistematika penyampaian
Penguasaan pengetahuan / Materi
Keberanian
Antusias























































Keterangan Skor :
Komunikasi:                                                                         Sistematika Penyampaian:
1 = Tidak dapat berkomunikasi                                           1 = Tidak sistematis
2 = Komunikasi agak lancar, tetapi sulit dimengerti            2 = Sistematis,uraian krng,tdk jelas
3 = Komunikasi lancar tetapi kurang jelas dimengerti         3 = Sistematis, uraian cukup
4 = Komunikasi  sangat lancar, benar dan jelas                   4 = Sistematis, uraian luas, jelas

Wawasan:                                                                             Keberanian:
1 =  Tidak menunjukkan pengetahuan/ materi                     1 = Tidak ada keberanian
2 =  Sedikit  memiliki pengetahuan/materi                          2 = Kurang berani
3 =  Memiliki pengetahuan/materi  tetapi kurang luas         3 = Berani
4 =  Memeiliki pengetahuan/materi yang  luas                     4 = Sangat berani

Antusias:
1 = Tidak antusias       3 = Antusias tetapi kurang kontrol
2 = Kurang antusias    4 = Antusias dan terkontrol

Skor maksimal=20
                              Skor perolehan
Nilai     =                                               X  100
                              Skor Maksimal

FORMAT MEDIA

Nama Media                        : Amplop Berita
Nama Sekolah     : MI MAMBAUL ULUM
Mata Pelajaran    : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : IV / 2
Waktu                                    : 2 x 35 Menit

Kompetensi Inti :
1.     Menerima, menjalankan dan menghargai ajaran agama Islam
2.     Menunjukkanperilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru dan tetangganya
3.     Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya dan benda-benda yang di  jumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain
4.     Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis dalam karya yang estetis dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia

Kompetensi Dasar :
2.3.1           Mengetahui sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif

Indikator :
3.3.1          Menjelaskan peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif
3.3.2          Menyebutkan sebab – sebab Nabi Muhammad SAW hijrah ke Taif

Tujuan :
Media ini mampu meningkatkan pemahaman siswa dan lebih berfikir kreatif dan aktif pada setiap pembelajaran

Biaya : Swadaya

Alat dan Bahan : Kertas,  Gunting, Solasi Double Tip  dan Amplop

Cara Pembuatan :
Siapkan alat dan bahan, potong – potong kertas yang sudah ada informasi peristiwa hijrah Nabi Muhammad SAW ke Taif, berikan solasi double tip pada potongan kertas. Kemudian masukkan potongan kertas ke dalam amplop.

Cara Penerapan Permainan :
Siswa membentuk kelompok, kemudian diberikan amplop berita dan menyesuaikan informasi hijrah Nabi Muhammad SAW sesuai dengan intruksi masing – masing kelompok.


Sidoarjo, 15 Oktober 2014
Mengetahui
Kepala Sekolah                                                                                                   Guru Mata Pelajaran


(                                    )                                                                                         (                                   )
NIP :                                                                                                                       NIP :


[1] M. As’ad Bashori, Sejarah Kebudayaan Islam Untuk Madrasah Ibtidaiyah/Sederajat Kelas 4, Anugerah Media Aksara, Sidoarjo, 2009, hal. 41-51

Tidak ada komentar:

Posting Komentar